CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 25 Februari 2013

Asal-usul Istilah Robot dan Pandangan yang Berbeda

Istilah robot pertama kali muncul pada tahun 1920, berasal dari kata ‘robota’ yang dalam bahasa Ceko (negeri Eropa Timur) berarti kerja paksa. Kata itu muncul dalam drama pentas Rossum’s Universal Robots karya Karel Capek, seorang Ceko. Kemudian pada tahun 1950, Isaac Asimov mengemukakan dalam novelnya ‘Robot’, tiga aturan perobotan yaitu : sebuah robot tidak boleh mencederai manusia; harus mematuhi perintah yang diberikan manusia, kecuali bila itu melanggar aturan pertama; dan robot harus melindungi eksistensinya sendiri sebagai mesin yang harus mematuhi manusia. Kesimpulannya adalah, robot itu bisa saja mencederai manusia.
Nah di sinilah pandangan orang Jepang berbeda. Robot dapat menjadi teman, mempunyai kecerdasan, dan perasaan manusia, seperti dalam cerita kartun Astro Boy. Di Jepang masing-masing robot bahkan diberi nama. Peran robot sebagai alat pembantu manusia sudah jelas, dan juga sebagai alat hiburan. Misalnya, sebagai anjing-anjingan, kucing-kucingan, yang seolah bisa dipelihara, berbunyi, dan bereaksi bila dipegang/ dielus.
Robot-robot buatan Jepang dikagumi di seluruh dunia karena merupakan hasil teknologi presisi (padat ketepatan rinci). Para peneliti pembuat robot Jepang berusaha agar robot dapat menjadi peralatan yang seolah hidup. Ini dimulai dengan robot humanoid (secara prinsip bentuknya mirip manusia, yaitu ada kepala, kaki, tangan dan tubuh, dan bisa bergerak). Proyek robot jenis ini dimulai pada tahun 1973 di Fakultas Sains dan Engineering Universitas Waseda. Lebih dari 10 orang peneliti yang dipimpin oleh Prof. Takanishi Atsuo mempergunakan teknik anatomis dan medis lainnya untuk menganalisa struktur tubuh manusia dalam pencarian teknologi yang mampu meniru gerak manusia. Mengapa harus mirip manusia ? Kata Prof. Takanishi, “Dasar rancang robot kami adalah struktur tubuh manusia karena kami ingin agar dapat terbentuk hubungan erat antara robot dengan manusia.”
Hirohisa Hirukawa, seorang peneliti pada National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (lembaga nasional Jepang untuk sains industri dan teknologi maju) memperkirakan bahwa selambat-lambatnya pada tahun 2050 berbagai pekerjaan rumah-tangga sudah dapat dilakukan oleh robot-robot. Wah, para ibu rumah-tangga pasti senang dan sangat terbantu.
Berbagai Bentuk dan Kegunaan
Secara garis besar, ada robot industri yang dirancang untuk melakukan pekerjaan rutin dalam manufacturing (pembuatan barang secara massal), dan robot personal yang dirancang untuk bekerja dan melakukan kegiatan untuk pemiliknya atau orang yang menggunakannya saja, termasuk robot mainan:
Robot berbentuk ikan besar dan dapat berenang dengan luwes seperti ikan sebenarnya, untuk hiburan :
  • Robot detektor ranjau darat yang pertama di dunia;
  • Robot yang bertugas sebagai perawat untuk manula yang lemah;
  • Robot mikro untuk pemakaian medis (bidang kedokteran);
  • Robot kerja yang dapat berjalan ke mana diperlukan;
  • Robot pemadam kebakaran yang dapat masuk di tempat yang berbahaya;
  • Robot untuk hiburan atau permainan;
  • Robot sebagai pembantu di rumah,

0 komentar:

Posting Komentar