CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 27 Januari 2014

Hamid Karzai , Afghanistan

Hamid Karzai yang lahir pada 1957, berasal dari keluarga politik. Ayahnya adalah Wakil Ketua Parlemen pada 1960 , kakeknya adalah Wakil Ketua Senat pada 1920 dan pamannya adalah Wakil Afghanistan di PBB di tahun 60-an. Karzai sendiri belajar ilmu politik di Universitas Himachal Pradesh di India dan memperoleh gelar master.
Setelah menyelesaikan pendidikan, ia bekerja di organisasi penggalangan dana di Pakistan untuk membantu partai anti - komunis selama Perang Soviet di Afghanistan pada tahun 80-an.
Setelah memimpin para pemimpin mujahidin di Kabul, usai runtuhnya pemerintahan Soviet dia menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri. Namun Wakil Presiden kala itu Mohammad Fahim menuduhnya memata-matai dan menangkapnya.
Ketika Taliban datang di awal 90-an, dia awalnya percaya jika mereka adalah bentuk sah dari pemerintah yang akan membantu untuk memecahkan korupsi di Afghanistan. Namun, setelah Taliban diduga membunuh ayahnya, ia mulai bekerja untuk menghancurkan mereka .
Pada akhir tahun 2001, ia dan kabinetnya menggulingkan rezim Taliban. Dia kemudian menghadiri Konferensi Internasional tentang Afghanistan di Jerman dan dipilih para politisi Afghanistan terkenal untuk melayani sebagai Ketua Interim Administration dalam jangka waktu enam bulan.
Setahun kemudian dia terpilih sebagai Presiden Interim selama dua tahun. Dia pun memenangkan pemilihan presiden tahun 2004 dan menjadi Presiden Republik Islam Afghanistan untuk periode kedua pada 2009 .
Ada beberapa kontroversi mengenai gaji Karzai. Seperti tahun 2010, dilaporkan dia secara resmi menerima US$ 525 per bulan.
Namun pada 2013 , dilaporkan beberapa media termasuk New York Times bahwa CIA secara rutin membawa ' gumpalan dolar Amerika ' ke kantor presiden Afghanistan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar