CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 27 Januari 2014

Jose Mujica , Uruguay

Sering dikutip sebagai presiden termiskin di dunia, Presiden Uruguay ini diberi gelar karena kemurahan hatinya yang ekstrim dan apa yang telah digambarkan sebagai gaya hidup yang keras.
Mujica lahir pada tahun 1935. Dia ditangkap karena keterlibatannya dalam kelompok gerilya sayap kiri di Uruguay, Tupamaros di akhir tahun 60-an. Mujica menghabiskan 14 tahun di penjara dan dibebaskan di bawah amnesti pada tahun 1985.
Mujica terlibat dalam politik sayap kiri dan melanjutkan untuk membuat partai politik sendiri, Gerakan Partisipasi Populer (MPP).
Pada pemilihan umum 1994, Mujica terpilih sebagai deputi dan lima tahun kemudian dirinya menjadi senator. Pada 2004, MPP telah menjadi partai terbesar di fraksi luas depan.
Alhasil pada 2005, Mujica menjadi Menteri Pertanian dan setahun kemudian menjadi presiden dengan lebih dari 48% suara - membuatnya mantan pejuang gerilya pertama yang pernah menjadi presiden.
Lalu berapa dia digaji? Mengikuti tradisi Mantan Presiden AS John F. Kennedy dan Presiden Hoover, Presiden Uruguay ini menyumbangkan 90% dari gajinya untuk amal.

0 komentar:

Posting Komentar